Cara Berdagang Nabi Muhammad SAW

Cara Berdagang Nabi Muhammad SAW – Di dalam cara berdagang Nabi Muhammad SAW, beliau adalah seorang pebisnis dan pedagang yang handal. Visi beliau dalam berdagang hanya satu, yaitu:

“Bahwa transaksi bisnis sama sekali tidak ditujukan untuk memupuk kekayaan pribadi, namun justru untuk membangun kehormatan dan kemuliaan bisnis dengan etika yg tinggi. Adapun hasil yang didapat harus didistribusikan ke sebanyak mungkin umat.”

Prinsip yang beliau pegang cukup 3 hal saja, yaitu:

  1.     Jujur
  2.     Saling menguntungkan kedua pihak
  3.     Hanya menjual produk yang bermutu tinggi

Tiga prinsip di atas menjiwai cara bisnis beliau. Berikut adalah teladan beliau sebagai seorang pedagang/penjual:

  • Tidak boleh berbohong dan menipu pembeli mengenai barang yang dijual  
  • Carilah keuntungan yang wajar. Jika pembeli bertanya, sebutkan harga modalnya
  • Kepada para pelanggan yang tidak mampu membayar kontan (tunai), berikanlah waktu untuk melunasinya. Bila dia betul-betul tidak mampu membayar setelah masa tenggat pengunduran itu, padahal dia telah berusaha, maka ikhlaskanlah   
  • Hindari sumpah yang berlebihan, apalagi sumpah palsu untuk mengelabui konsumen   
  • Lakukan transaksi jika telah ada kata sepakat antara penjual dan pembeli  
  • Lakukan penimbangan dan penakaran dengan benar dan setepat mungkin   
  • Camkan pada pembeli bahwa yang membayar di muka bahwa ia tidak boleh menjualnya sebelum barang tersebut benar-benar menjadi miliknya (terbayar lunas terlebih dahulu)   Jangan melakukan transaksi monopoli dalam perdagangan, berikan kesempatan yang lain untuk berdagang juga.
Cara Berdagang Nabi Muhammad SAW

Semoga kita semua bisa meneladani beliau. Amiin

Dhalil:

Rasulullah SAW bersabda, “Apabila dilakukan penjualan, katakanlah: tidak ada penipuan.”
    
Rasulullah SAW bersabda, “Kedua belah pihak dalam transaksi perdagangan berhak membatalkan, selama mereka tidak berpisah. Jika mereka berkata benar, menjelaskan sesuatunya dengan jernih, maka transaksi mereka akan mendapatkan berkah. Tapi jika menyembunyikan sesuatu serta berdusta, maka berkah yang ada dalam transaksi mereka akan terhapus.” (Bukhari dan Muslim)
    
Jabir meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW berkata, “Rahmat Allah atas orang-orang yang berbaik hati ketika ia menjual dan membeli, dan ketika dia membuat keputusan.” (HR Bukhari)
Nasehat Rasulullah SAW, “Hindarilah banyak bersumpah ketika melakukan transaksi dagang, sebab itu dapat menghasilkan penjualan yang cepat, lalu menghapuskan berkah.”
Abu Sa’id meriwayatkan bahwa Rasulullah berkata, “Saudagar yang jujur dan dapat dipercaya akan dimasukkan dalam golongan para nabi, orang-orang jujur dan para syuhada.”    
Ibnu ‘Umar meriwayatkan dari Rasulullah SAW, “Kedua kelompok di dalam transaksi perdagangan memiliki hak untuk membatalkannya hanya sejauh mereka belum berpisah, keculai transasksi itu menyulitkan kelompok itu untuk membatalkannya.” (HR Bukhari dan Muslim)
 
Demikianlah teladan Nabi Muhammad SAW dalam berdagang, semoga dapat menjadi tuntunan bagi kita sebagai Umat nya.

Cara Berpakaian Nabi Muhammad SAW

Cara Berpakaian Nabi Muhammad SAW – Pakaian adalah kebutuhan hidup sekaligus cermin perilaku kita. Pakaian yang baik adalah pakaian yang diridhoi oleh Allah SWT. Berikut adalah pesan Rasulullah Muhammad SAW dalam memilih pakaian yang baik:
  1. Pakaian yang dikenakan bersih, longgar (tidak ketat), tidak tembus pandang, dan menutupi aurat;
  2. Tinggalkan pakaian yang mewah walaupun kita mampu membelinya. Utamakan sikap tawadhu (rendah hati);
  3. Rasulullah SAW suka memakai gamis dan kain hibarah (pakaian bercorak yang terbuat dari bahan katun);
  4. Untuk  laki-laki, Rasulullah SAW melarang menggunakan pakaian berbahan sutera dan emas;
  5. Jangan menggunakan pakaian yang terlalu panjang, apalagi hingga harus diseret (terkena lantai). Untuk laki-laki, Rasulullah SAW melarang pakaian yang menutupi mata kaki untuk laki-laki karena kesombongan; 
  6. Untuk perempuan muslimah, panjangnya hingga menutupi telapak kaki, dan kerudungnya menutupi kepala, leher, dan dada; 
  7. Untuk lelaki tidak berpakaian seperti perempuan, demikian juga sebaliknya;
  8. Tidak memakai pakaian yang bertambal atau yang lusuh, karena menurut Rasulullah, Allah senang melihat jejak nikmat Nya pada hamba-Nya;    
  9.  Mengutamakan pakaian yang berwarna putih, karena Rasulullah juga menyukai warna itu.
Cara Berpakaian Nabi Muhammad SAW

Dalam tata cara berpakaian secara umum, ada beberapa hal yang dicontohkan Rasulullah SAW:
 

Berdo’alah ketika akan berpakaian. Salah satu contohnya adalah: “Alhamdulillahil ladzii kasaanii hadzat tauba warozaqqoniihi min ghoiri haulin minna walaa quwwah“, yang artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberikan pakaian ini kepadaku sebagai rizki daripada-Nya tanta daya dan kekuatan dari-ku”;
    
Berdo’alah ketika akan mengenakan pakaian baru. Doa yang dianjurkan adalah: “Allahumma laka al hamdu anta kasautani hi. As’aluka khairahu wa khaira ma suni’a lahu, wa a’u dzu bika min syarrihi wa syarri ma suni’a lahu“, yang artinya: “Ya Allah bagi Mu segala puji, Engkau telah me¬makaikan pakaian ini kepadaku. Aku mohon kepada Mu kebaikannya dan kebaikan akibatnya. Aku berlindung pula kepada Mu dari kejahatannya dan kejahatan akibatnya”;
    
Disunahkan memakai pakaian dari sebelah kanan terlebih dahulu;
    
Berpakaianlah dengan rapi dan indah disesuaikan dengan tempat, tanpa berlebihan dan tidak dipaksakan;
    
Disunahkan melepaskan pakaian dari sebelah kiri terlebih dahulu.

Dhalil :
    

Mu’adz bin Anas Radhiyallahu ‘anhu berkata: Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda : “Siapa yang menanggalkan pakaian yang mewah karena tawadlu’ kepada Allah padahal ia dapat membelinya, Allah akan memanggilnya pada hari kiamat di muka sekalian manusia untuk disuruh memilih sendiri pakaian iman yang mana yang ia kehendaki untuk dipakainya.” (HR. Tirmidzi)
    
Hadis riwayat Barra’ bin Azib ra., ia berkata:Rasulullah saw. memerintahkan kami untuk melaksanakan tujuh perkara dan melarang kami dari tujuh perkara. Beliau memerintahkan kami menjenguk orang sakit, mengiringi jenazah, mendoakan orang bersin (mengucap yarhamukallah), melaksanakan sumpah dengan benar, menolong orang yang teraniaya, memenuhi undangan dan menyebarkan salam. Beliau melarang kami dari cincin atau bercincin emas, minum dengan wadah dari perak, hamparan sutera, pakaian buatan Qas (terbuat dari sutera) serta mengenakan pakaian sutera baik yang tebal dan tipis. (Shahih Muslim No.3848)
    
Hadis riwayat Hudzaifah bin Yaman ra.: Bahwasanya Rasulullah saw. bersabda: Janganlah kalian minum dalam wadah emas dan perak dan jangan mengenakan pakaian sutera sebab pakaian sutera itu untuk mereka (orang-orang kafir) di dunia dan untuk kalian di akhirat pada hari kiamat. (Shahih Muslim No.3849)
    
Hadis riwayat Ali bin Abu Thalib ra., ia berkata: Dihadiahkan kepada Rasulullah saw. kain sutera bergaris. Rasulullah saw. mengirimkannya kepadaku maka aku pun memakainya. Tetapi aku melihat kemarahan di wajah beliau. Beliau bersabda: Sungguh, aku mengirimkan pakaian itu kepadamu bukannya untuk engkau pakai tetapi aku mengirimkannya agar engkau memotong-motongnya menjadi kerudung buat para wanita. (Shahih Muslim No.3862)
    
Hadis riwayat Anas bin Malik ra.: Dari Qatadah ia berkata: Kami bertanya kepada Anas bin Malik: Pakaian apakah yang paling disukai dan dikagumi Rasulullah saw.? Anas bin Malik ra. menjawab: Kain hibarah (pakaian bercorak terbuat dari kain katun). (Shahih Muslim No.3877)
Hadis riwayat Ibnu Umar ra.:Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Allah tidak akan memandang orang yang menyeretkan pakaiannya dengan sombong. (Shahih Muslim No.3887)

Hadis riwayat Abu Hurairah ra.: Ia melihat seorang lelaki menyeret kainnya, ia menghentakkan kakinya ke bumi, lelaki itu adalah pangeran (penguasa) Bahrain. Ia berkata: Pangeran datang, pangeran datang! Rasulullah saw. bersabda: Sesungguhnya Allah tidak akan memandang orang yang menyeretkan kainnya dengan kecongkakan. (Shahih Muslim No.3893)
Doa berpakaian diatas diambil dari hadits riwayat seluruh penyusun kitab sunan, kecuali Nasa’i, lihat Irwaa’ul Ghalil 4/47
Rasulullah SAW bersabda, ” Sesungguhnya dua benda ini (emas dan sutera) haram atas lelaki ummatku. (H.R.Abu Daud)”
 
Rasulullah bersabda: Allah melaknati lelaki yang memakai pakaian perempuan, dan perempuan yang memakai pakaian laki-laki. (H.R. Bukhari)
Doa yang dianjurkan adalah: “Allahumma laka al hamdu anta kasautani hi. As’aluka khairahu wa khaira ma suni’a lahu, wa a’u dzu bika min syarrihi wa syarri ma suni’a lahu”, yang artinya: “Ya Allah bagi Mu segala puji, Engkau telah me¬makaikan pakaian ini kepadaku. Aku mohon kepada Mu kebaikannya dan kebaikan akibatnya. Aku berlindung pula kepada Mu dari kejahatannya dan kejahatan akibatnya”.

Demikianlah Cara Berpakaian Nabi Muhammad SAW, semoga bermanfaat.

Galaksi Hantu dan Keberadaannya

Galaksi Hantu dan Keberadaannya – Teleskop Hubble milik Badan Antariksa Amerika Serikat NASA berhasil menguak keberadaan “Galaksi Hantu”.

Galaksi hantu adalah galaksi yang sebenarnya juga ada di sekitar Bimasakti, namun sulit ditdeteksi. Galaksi ini tampak sangat redup, miskin bintang dan hampir tak mengalami perubahan selama 13 miliar tahun sejak sesaat setelah semesta tercipta lewat Big Bang.

Galaksi hantu yang berhasil dikuak keberadaannya oleh Hubble antara lain galaksi Hercules, Leo IV, dan Ursa Major.

Berdasarkan analisis para ilmuwan, galaksi-galaksi tersebut telah menjalani proses pembentukan bintang lebih dari 13 miliar tahun yang lalu. Namun, proses itu terhenti pada masa satu miliar pertama setelah Big Bang.

Galaksi Hantu“Semua galaksi ini purba, mereka punya umur yang sama. Jadi anda tahu ada sesuatu seperti pemenggal kepala dan menghentikan proses pembentukan bintang pada saat yang sama,” kata Tom Brown, peneliti Space Telescope Science Institute di Baltimore, seperti dikutip Wired, Rabu (11/7/2012) lalu.

Menurut Brown, proses yang kemungkinan besar menghentikan pembentukan bintang di tiga galaksi itu adalah reionisasi. Dalam proses ini, radiasi dari bintang-bintang pertama di galaksi itu mengenai elektron hidrogen purba sehingga memicu inonisasi.

Penelitian Brown berguna untuk menguraikan masalah ‘missing link satellite”. Astronom selama ini baru berhasil menemukan beberapa galaksi kerdil padahal berdasarkan simulasi komputer seharusnya ada ribuan galaksi di area tersebut.

Menurut para astronom, mungkin ada ada lebih banyak galaksi kerdil namun tak terdeteksi. Galaksi mungkin juga tak cuma kerdil, tetapi juga tak punya bintang.

Temuan teleskop Hubble akan menjelaskan mengapa banyak galaksi tak terdeteksi. Hasil riset Brwon dipublikasikan di jurnal Astronomy Letters pada 1 Juli 2012 lalu.

Demikianlah Artikel Galaksi Hantu dan Keberadaannya, semoga bermanfaat

“Nenek Moyang” Galaksi Spiral Ditemukan

“Nenek Moyang” Galaksi Spiral Ditemukan – Secara tidak sengaja, teleskop luar angkasa Hubble menemukan galaksi spiral yang diperkirakan lahir miliaran tahun lalu. Astronom pengguna teleskop ini mengatakan, galaksi tersebut tertangkap Hubble ketika memotret 300 galaksi yang berjarak cukup jauh.

Galaksi spiral yang diberi nama BX442 ini diketahui lahir tiga miliar tahun setelah Big Bang –teori ledakan besar asal mula jagat raya. Namun, bagian dari galaksi ini diperkirakan sudah bertualang di angkasa luar selama 10,7 miliar tahun.

Dari laporan yang dirilis jurnal Nature, Kamis (19/7), ini adalah galaksi spiral pertama yang lahir di jagat raya. Miliaran tahun lebih awal dibanding galaksi spiral lain yang banyak ditemukan saat ini, termasuk galaksi yang dihuni manusia, Bima Sakti.

“Kebijakan sekarang meyakini jika galaksi spiral dengan grand design seperti ini belum muncul di jagat raya di waktu tersebut. Maka fakta adanya galaksi ini sangatlah luar biasa,” kata David Law, penulis jurnal laporan ini dan juga peneliti dari Dunlap Institute for Astronomy & Astrophysics, University of Toronto, Kanada.

http://www.cpuik.com/2012/07/nenek-moyang-galaksi-spiral-ditemukan.htmlDitambahkan kolega Law, Alice Shapley dari UCLA, di awal pembentukan jagat raya, galaksi-galaksi yang ada terlihat aneh dan tidak simetris.”Pikiran pertama kami adalah, mengapa galaksi yang ini (BX442) terlihat berbeda dan indah?”

Galaksi yang ada saat ini terbagi menjadi beberapa variasi bentuk. Termasuk Bima Sakti yang berbentuk spiral. Galaksi ini adalah piringan berputar yang terdiri atas bintang dan gas dan membentuk bintang baru. Ada juga galaksi bulat panjang, anggotanya adalah bintang yang lebih tua, lebih merah, dan bergerak secara acak.

Menurut Law dan Shapley, BX442 termasuk galaksi besar jika dibandingkan dengan galaksi lain yang terbentuk di awal pembentukan jagat raya. Dari perhitungan kedua peneliti tersebut, hanya ada 30 galaksi yang sama besarnya dengan BX442.

Untuk lebih mengenal “nenek moyang” galaksi spiral ini, Shapley dan Law menggunakan instrumen spektograf bernama OSIRIS di W.M. Keck Observatory, Hawaii. Keduanya mempelajari spektra dari 3.600 lokasi di dalam dan sekitar BX442.

Riset ini membuktikan jika BX442 adalah murni galaksi spiral. Bukannya dua galaksi yang kebetulan sejajar ketika difoto. Apa yang membuat galaksi dengan bentuk seperti ini umum di masa sekarang, namun amat sangat jarang di masa lampau?

Menurut Law dan Shapley, ada hubungannya dengan galaksi kecil yang ada di dekat BX442 dan interaksi gravitasi antar keduanya. Galaksi kecil akhirnya bersatu dengan BX442 yang memiliki gaya gravitasi lebih besar. Ini menunjukkan bahwa benturan antar galaksi juga lebih sering di masa lampau. Menyebabkan hujan gas yang diserap oleh bintang yang akhirnya terbentuk dengan lebih padat dibanding bintang yang ada saat ini.

“Jagat raya sekarang jauh lebih membosankan dibanding masa awal pembentukan,” kata Shapley. Dengan mempelajari BX442, para ahli berharap dapat dijadikan kajian dasar pembentukan galaksi spiral, termasuk pembentukan galaksi Bima Sakti.

Sumber: Phys.org

Hukum Mimpi Basah Setelah Sahur

#Fiqih Hukum Mimpi Basah Setelah Sahur – Apabila kita sedang berpuasa, melakukan sesuatu yang membatalkan puasa tanpa kesadaran atau tanpa kesesengajaan, misalnya makan atau minum, maka puasanya tidak batal karena dilakukan tanpa kesengajaan atau tanpa kesadaran.

Mimpi basah terjadi tanpa niat dan tanpa kesengajaan orang yang mengalaminya. Mimpi basah terjadi karena proses biologis ketika kapasitas sperma sudah melewati ambang batas, maka sperma itu keluar lewat mimpi, yang kemudian disebut mimpi basah.

Karena mimpi basah itu terjadi di luar kesengajaan atau kesadaran kita, maka hukumnya sama seperti kita makan atau minum tanpa sengaja. Oleh karena itu, puasanya tetap sah dan harus dilanjutkan hingga magrib.

Mimpi BasahAda beberapa aktivitas yang mungkin oleh sebagian orang dinilai dapat membatalkan puasa, termasuk mimpi basah. Padahal jika merujuk pada keterangan-keterangan yang sahih dari Nabi Muhammad SAW ternyata hal tersebut tidaklah membatalkan puasa. Apa sajakah itu?

Gosok gigi

Islam memerintahkan kita menjaga kebersihan, salah satunya dengan menjaga kebersihan gigi. Karena itu menggosok gigi tetap dianjurkan walau sedang berpuasa. Hal ini mengacu ke hadis, Amir bin Rabi’ah R.A. mengatakan, “Aku melihat Rasulullah SAW menggosok gigi padahal beliau sedang puasa” (H.R. Ahmad dan Bukhari).

Muntah & mimpi basah

Orang yang muntadan mimpi basah puasanya tidak batal karena itu di luar kemampuan dirinya. Sebagaimana hadits, “Tidak batal orang yangmuntah, yangmimpi hubungan seks, dan berbekam (diambil darah).” (H.R. Abu Daud).

Mencium istri

Istri Rasulullah SAW. Ummu Salamah r.a. mengatakan, “Nabi Muhammad SAW menciumku padahal beliau sedang puasa” (H.R. Tirmidzi).

Diriwayatkan dari Aisyah R.A., “Nabi Muhammad SAW memeluk dan mencium (istrinya) ketika sedang berpuasa, dan beliau lebih mampu menahan diri dari siapa pun di antara kalian” (H.R. Bukhari).

Diambil darah

Diambil darah saat puasa untuk keperluan laboratorium atau sebagai donor darah tidak membatalkan puasa kecuali jika dengan donor tubuh menjadi lemah (drop), diperbolehkan untuk berbuka. Hal ini mengacu pada hadis, “Nabi Muhammad SAW berbekam (diambil darah) ketika beliau puasa” (H.R. Bukhari).

Mandi siang hari

Mandi di siang hari tidak membatalkan puasa sebagaimana keterangan seorang sahabat berikut, “Aku melihat Rasulullah SAW menuangkan air di kepalanya ketika puasa karena cuaca panas” (H.R. Ahmad).

Berkumur-kumur

Umar R.A. berkata, “Suatu hari aku merasa gembira kemudian aku mencium [istriku] padahal aku sedang puasa. Lalu aku mendatangi Nabi Muhammad SAW kataku, ‘Hari ini saya melakukan kesalahan besar, saya mencium istri padahal sedang puasa,’ Rasulullah SAW bersabda, ‘Apa pendapatmu jika kamu berkumur dengan air, padahal engkau puasa?’ Aku menjawab,’Tidak apa-apa,’ Nabi bersabda, ‘Lalu mengapa?'” (H.R. Ahmad dan Abu Daud)

Demikianlah Artikel Hukum Mimpi Basah Setelah Sahur, semoga bermanfaat.

Subhanallah atau Masya Allah

#Fiqih Subhanallah atau Masya Allah – Sering kali jika kita melihat sebuah pemandangan yang indah di depan kita, kita sering mengucapkan Subhanallah. Atau mungkin ketika kita mendapatkan cerita atau khabar yang masuk ke kategori baik, bagus, menyenangkan tentang saudara kita misalkan si fulan mendapatkan prestasi kita mengatakan kalimat serupa,Subhanallah.

Masya AllahTetapi pernahkah kita berpikir, benarkah kalimat yang kita maksud? Bayangkan jika kita mengucapkannya di depan orang-orang arab atau orang timur tengah. Salah-salah nanti kita akan mendapat marah atau mendapati mereka dalam keadaan tersinggung. Apa pasal? Mari kita cermati bersama

Ungkapan Subhaanallah dianjurkan setiap kali seseorang melihat sesuatu yang tidak baik, dan dengan ucapan itu kita menetapkan bahwa Allah Maha Suci dari semua keburukan tersebut.

Kebalikannya dari ucapan Maasya Allah, yang diucapkan bila seseorang melihat yang indah-indah. Penggunaan kedua kalimat ini di tengah masyarakat Islam tanah air kerap terbalik-balik, kecuali pada sebagian orang yang mengerti ajaran Sunnah ini. Wallahu’alam

Aspek dan Pendekatan Geografi

ASPEK GEOGRAFI

menurut Willian Kirk aspek geografi di bagi 2:


Aspek Fisikal:

Aspek Topologi
membahas hal hal yang berkenaan dengan letak, bentuk, luas, dan batas suatu wilayah

Aspek Biotik
membahas karakter fisik dari makhluk hidup

Aspek NonBiotik
membahas tentang tanah, air, dan atmosfer
 

Aspek dan Pendekatan Geografi
Aspek NonFisikal:

Aspek Sosial
membahas tentang masyarakat, kelompok sosial, dan lembaga sosial

Aspek Ekonomi
membahas tentang industri, perdagangan, pertanian, transportasi, dan pasar

Aspek Budaya
membahas tentang kesenian, agama, dan pendidikan

Aspek Politik
membahas tentang partai dan pemerintah

PENDEKATAN GEOGRAFI

pendekatan merupakan ciri khas dari ilmu geografi untuk menjelaskan berbagai fenomena alam maupun sosial

PENDEKATAN KERUANGAN

merupakan suatu cara pandang terhadap fenomena geografi melalui lingkungan / tidak ada unsur manusia (banjir di daerah jakarta diakibatkan wilayah jakarta yang berada di daratan rendah)

PENDEKATAN KELINGKUNGAN / EKOLOGI

merupakan suatu cara pandang terhadap fenomena geografi melalui unsur sosial / manusia (banjir di jakarta diakibatkan warga jakarta yang membuang sampah di sungai)

PENDEKATAN KOMPLEKS WILAYAH

merupakan suatu cara pandang terhadap fenomena geografi secara gabungan dari dua pendekatan di atas (banjir di jakarta disebabkan wilayahnya di daratan rendah dan sungai yang tidak mampu menampung air hujan akibat perilaku warga jakarta yang membuang sampah tidak pada tempatnya.)

Demikianlah Materi Aspek dan Pendekatan Geografi, semoga bermanfaat.

Galaksi dan Bentuknya beserta Gambar

Galaksi dan Bentuknya beserta Gambar – Galaksi adalah sebuah sistem yang terikat oleh gaya gravitasi yang terdiri atas bintang (dengan segala bentuk manifestasinya, antara lain bintang neutron dan lubang hitam), gas dan debu kosmik medium antarbintang, dan kemungkinan substansi hipotetis yang dikenal dengan materi gelap.

Galaksi sendiri memiliki bentuk yang berbeda-beda, berikut keterangan nya :


Pada galaksi ini terlihat adanya roda roda chaterina di dalamnya, dengan lengan lengan berbentuk spiral yang keluar dari pusat yang terang. sekitar 60% dari semua galaksi di alam semesta berbentuk spiral. Bimasakti berbentuk spiral
Galaksi Spiral

Pada galaksi ini terlihat di bagian ujung suatu pusat keluar lengan lengan spiral galaksi. sekitar 18% dari jumlah galaksi di jagat raya yang berbentuk ini.

Galaksi Spiral Berpalang

Pada galaksi ini berbentuk elips, bentuknya ada yang hampir menyerupai bola sepak sampai pada bentuk yang sangat lonjong seperti bola rugby. sama seperti spiral berpalang, hanya 18 persen di jagat raya yang berbentuk elips

Galaksi Elips

Galaksi ini tidak memiliki bentuk tertentu, hanya 4% di jagat raya

Galaksi Tak Beraturan
Demikianlah Materi Galaksi dan Bentuknya beserta Gambar, selamat belajar.

Pembentukan Jagat Raya

Pembentukan Jagat Raya – Jagat Raya adalah alam semesta yang sangat luas dan tidak terukur, terdiri atas miliaran benda angkasa. berikut adalah beberapa teori mengenai terbentuknya jagat raya:

TEORI PEMBENTUKAN JAGAT RAYA

Teori Jagat Raya Mengembang (Ekspansi)

dikemukakan oleh Edwin Hubble, yang menjelaskan bahwa galaksi – galaksi bergerak saling menjauhi sehingga jagat raya semakin luas

Teori Ledakan Besar (Big Bang)

Teori yang didukung oleh Stephen Hawking ini menjelaskan bahwa dahulu galaksi galaksi pernah saling berdekatan dan berasal dari massa tunggal, dalam keadaan tersebut, jagat raya menyimpan suhu dan energi yang sangat besar sehingga menimbulkan ledakan besar yang menghancurkan massa tunggal. massa tersebut menjadi serpihan – serpihan sebagai awal jagat raya sekarang.

Pembentukan Jagat RayaTeori Keadaan Tetap

Dikemukakan oleh Fred Hoyle, teori ini menjelaskan bahwa materi baru yang berupa hidrogen telah mengisi ruang kosong yang timbul dari pengembangan jagat raya. teori ini berpendapat jagat raya tetap keadaannya dan sampai kapanpun akan sama. Stephen Hawking menyangkalnya dengan mengatakan bahwa materi baru yang mengisi ruang bersifat memencar sehingga jagat raya pasti mengalami perubahan

ANGGAPAN TENTANG JAGAT RAYA

Anggapan Antroposentris (antro = manusia)

anggapan ini menyatakan bahwa manusia merupakan pusat segalanya. bangsa ibrani pada masanya menganggap langit disangga oleh tiang tiang raksasa, sedangkan matahari, bulan, dan bintang melekat di langit. anggapan ini bermula dari konsep alam semesta bangsa Babylon.

Anggapan Geosentris (geo = bumi)

anggapan ini menyatakan bahawa bumi merupakan pusat alam semesta, pusat segala kekuatan, dan semua benda langit mengelilingi bumi. Anggapan ini muncul pada abad VI sebelum Masehi. Ilmuwan yang mendukungnya adalah: Plato, Socrates, Aristoteles,Anaximander, dan Phytagoras

Anggapan Heliosentris (Helios = matahari)

anggapan ini menyatakan bahwa matahari merupakan pusat alam semesta. muncul setelah penelitian yang lebih canggih. anggapan ini didukung oleh: Isaac Newton, Galileo, Copernicus, dan Johannes Kapler

Anggapan Galaktosentris (Galakto = galaksi)

anggapan ini menempatkan galaksi sebagai pusat alam semesta, anggapan ini dimulai sejak tahun 1920 sejak dibangunnya teleskop oleh Amerika Serikat agar dapat memberikan informasi yang lebih banyak mengenai galaksi.

Demikianlah Materi Pembentukan Jagat Raya, semoga bermanfaat.

Teori Pembentukan Tata Surya

Teori Pembentukan Tata Surya – Tata Surya merupakan salah satu sistem bintang yang terdapat di galaksi Bimasakti (Milky Way). Tata surya terdiri dari: Matahari, planet planet, bulan, komet, meteor, dan anggota lainnya yang mengelilingi matahari.

TEORI PEMBENTUKAN TATA SURYA

Teori Nebula

dikemukakan oleh Kant, ia berpendapat bahwa sistem tata surya terbentuk dari suatu kabut tipis yang sangat luas (nebula). teori ini diperkuat oleh Marqis De Laplace, maka dari itu teori ini dikenal dengan sebutan Teori Kant-Laplace.

Teori ini menjelaskan bahwa tata surya awalnya berbentuk massa gas raksasa yang bercahaya dan berputar perlahan, massa ini mendingin mengecil dan membentuk sebuah bola. rotasi massa semakin lama semakin tinggi hingga lingkaran materi terlempar keluar menjadi planet.

Teori Planetesimal

dikemukakan oleh T C Chamberlin, planetesimal adalah suatu benda padat kecil yang mengelilingi suatu inti yang bersifat gas.

teori ini menerangkan bahwa tata surya terbentuk ketika sebuah bintang melintasi ruang angkasa dengan sangat cepat dan dekat sekali dengan matahari. daya tarik bintang tersebut menyebabkan massa gas terlempar dari matahari dan mulai mengorbit. ketika membeku maka massa tersebut menjadi planet.

Teori NebulaTeori Pasang Surut

Dikemukakan oleh Sir James Jeans dan Harold Jeffreys (1918), teori ini didasarkan pada ide benturan.

teori ini berpendapat bahwa planet itu langsung terbentuk dari massa gas asli yang ditarik dari matahari oleh bintang yang lewat (hampir sama seperti teori planetisimal). peristiwa tersebut terjadi ketika bintang nyaris bersinggungan dengan matahari. lidah matahari yang berbentuk cerutu merupakan penjelasan dari teori ini.

Teori Bintang Kembar

dikemukakan oleh Lyttleton, teori ini berpendapat bahwa matahari pada mulanya berupa bintang kembar. Bintang A menabrak bintang B, salah satunya hancur dan menjadikannya massa gas yang berputar. gas tersebut terus berputar dan mendingin menjadi planet. bintang yang tertahan menjadi matahari.

Teori Awan Debu

dikemukakan oleh Fred Whipel, Hannes Alven, dan Hoyle. Teori ini berpendapat bahwa pada mulanya matahari berputar cepat dengan piringan gas di sekelilingnya. debu dan gas yang berputar, berkumpul menjadi satu hingga menjadi planet. berbagai gas yang terdapat di tengah awan berkembang menjadi matahari.

Hipotesis Kuiper

Gerard Kuiper mengemukakan bahwa alam semesta terdiri atas formasi bintang – bintang. dua pusat yang memadat berkembang dalam suatu awan antarbintang dari gas hidrogen. pusat yang satu lebih besar dari pusat yang lainnya, kemudian memadat menjadi bintang tunggal yaitu matahari.

Demikianlah Materi Pembentukan Tata Surya, semoga bermanfaat.