Peninggalan Sejarah Hindu dan Budha, Kitab, Prasasti, Yupa, Arca dan Candi

Peninggalan Sejarah Hindu dan Budha, Kitab, Prasasti, Yupa, Arca dan Candi – Zaman sejarah dimulai saat manusia mulai mengenal tulisan, sedangkan masa sebelum mengenal tulisan disebut masa prasejarah. Untuk mempelajari sejarah, kita perlu mengetahui peninggalan sejarah yang ada. 

Bangsa Indonesia mempunyai banyak peninggalan sejarah. Peninggalan-peninggalan tersebut dikelompokkan menjadi tiga, yaitu sumber lisan, tertulis, dan benda bangunan. Berikut Peninggalan Sejarah Hindu dan Budha :

Pada zaman kerajaan Hindu-Buddha berkembang di Indonesia, kebudayaan dan kesusastraan juga mengalami kemajuan, terutama pada saat Kerajaan Majapahit. Karya-karya sastra peninggalan sejarah tersebut berupa cerita tertulis yang dikarang oleh para pujangga. Beberapa karya sastra di antaranya berupa kitab-kitab berikut ini.

a. Kitab Cilpa Sastra, merupakan peninggalan Kerajaan Syailendra yang berisi dasar-dasar pokok membuat candi.

b. Kitab Arjuna Wiwaha, ditulis oleh Mpu Kanwa pada tahun 1030. Kitab ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Kediri yang berisi tentang perjuangan Airlangga dalam mempertahankan Kerajaan Kediri.

c. Kitab Smaradahana dikarang oleh Mpu Darmaja, pada masa pemerintahan Raja Kameswara I, Kediri.

d. Kitab Bharatayuda dikarang oleh Mpu Sedah dan Mpu Panuluh, pada masa pemerintahan Raja Jayabaya, Kediri.

e. Kitab Krisnayana ditulis oleh Mpu Triyana.

f. Kitab Hariwangsa ditulis oleh Mpu Panuluh.
g. Kitab Negara Kertagama, ditulis oleh Mpu Prapanca pada tahun 1365. Kitab ini merupakan sumber sejarah Kerajaan Singasari dan Majapahit. Di dalam kitab ini muncul istilah Pancasila. 
h. Kitab Sutasoma, ditulis oleh Mpu Tantular. Kitab ini berisi tentang hukum dan dijadikan dasar hukum di Kerajaan Majapahit. Dalam kitab ini menekankan prinsip keadilan dan tidak membedakan rakyat biasa dengan bangsawan. Jadi siapapun yang melanggar aturan atau undang-undang harus mendapat hukuman yang sesuai.

Peninggalan Sejarah Hindu dan Buddha

2. Prasasti

Prasasti disebut juga batu bertulis. Prasasti merupakan peninggalan sejarah yang tertulis di atas batu, logam, dan sebagainya. Prasasti biasanya berisi mengenai kehidupan atau peristiwa penting di daerah setempat. Contoh prasasti sebagai berikut.

a. Prasasti Kerajaan Tarumanegara antara lain Ciaruteun, Kebun Kopi, Tugu, Lebak, Jambu, Muara Cianten, dan Pasir Awi yang semuanya ditulis dalam huruf Pallawa dan bahasa Sanskerta.

b. Prasasti di Sumatra Selatan antara lain Kedukan Bukit, Talang Tuo, Kota Kapur, Karang Berahi, dan Telaga Batu. Prasasti ini menggunakan bahasa Melayu dan huruf Pallawa, yang dipahat dan ditulis sekitar abad ke-7 pada masa Kerajaan Sriwijaya. Prasasti yang ditemukan tersebut antara lain berisi tentang peraturan kerajaan dan sanksi apabila melakukan pelanggaran, serta puji-pujian untuk kebesaran dan kemakmuran raja. Selain kelima prasasti tadi, juga ditemukan Prasasti Nalanda yang berisi tentang keturunan Dinasti Syailendra, silsilah Raja Balaputradewa, dan persahabatan dengan Kerajaan India. 

c. Prasasti Muara Kaman, di tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Prasasti ini ditulis sekitar tahun 400 Masehi, berisi tentang sejarah Kerajaan Kutai.

d. Prasasti Canggal tahun 732 M, di dekat Magelang. Berisi tentang Kerajaan Mataram Hindu dengan Raja Sanjaya.

e. Prasasti di Kediri sekitar Sungai Brantas, Jawa Timur, antara lain Prasasti Padlegan, Palah, dan Panumbungan. Prasasti ini merupakan peninggalan Kerajaan Kediri.

f. Prasasti Dinoyo tahun 760 M, dekat Malang. Prasasti ini berisi tentang sebuah kerajaan yang berpusat di Kanyuruhan.

g. Prasasti Kalasan tahun 778 M, dekat Jogjakarta, memuat tentang Kerajaan Mataram Hindu yang dipimpin Raja Rakai Panangkaran.

h. Prasasti Kedu tahun 907 M, berisi tentang Kerajaan Mataram Hindu yang dipimpin Raja Balitung.

i. Prasati Adityawarman, ditemukan di daerah Batusangkar. Prasasti ini memakai bahasa Melayu Kuno bercampur dengan bahasa Sanskerta.

j. Prasasti Mulawarman, ditulis dengan huruf Pallawa dan bahasa Sanskerta. Prasasti ini merupakan peninggalan Kerajaan Kutai di Kalimantan Timur.

3. Yupa
Yupa adalah prasasti yang dituliskan pada tiang batu. Awalnya, yupa digunakan untuk mengikat kurban, baik hewan maupun manusia yang akan dipersembahkan kepada dewa.

Yupa ditemukan di Kalimantan Timur, pada abad ke-5 yang berisi tentang kisah seorang raja bernama Mulawarman yang baik budiman dan mempunyai kakek bernama Kudungga. Saat pemerintahan Mulawarman, rakyat hidup makmur dan sejahtera. Mulawarman juga memiliki hubungan yang baik dengan kaum Brahmana.

Patung adalah tiruan bentuk orang atau hewan yang dibuat dengan bahan batu, kayu, dan lainlain. Adapun arca adalah patung yang dibuat dari batu.

a. Patung Gajah Mada
Patung ini dibuat untuk mengenang jasa-jasa Patih Gajahmada dalam mempersatukan Nusantara di bawah Majapahit. Pada saat diangkat menjadi Mangkubumi atau Perdana Menteri Majapahit, Gajah Mada mengucapkan sumpah yang bernama “Sumpah Palapa”.

b. Patung Prajna Paramita
Patung Prajna Paramita merupakan patung perwujudan Ken Dedes istri Ken Arok, yang digambarkan sebagai Dewi Kebijaksanaan. Patung yang terletak di Candi Singasari, merupakan peninggalan Kerajaan Singasari dengan pahatan yang sangat bagus.

c. Patung Buddha
Ditemukan di Bukit Siguntang, Palembang pada abad ke-2. Patung Buddha merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya sebagai bukti bahwa agama Buddha berkembang dengan baik. Selain itu terdapat juga patung Buddha di Candi Mendut.

Candi berasal dari kata candika (Dewa Maut). Fungsi pembangunan candi untuk memuliakan raja yang telah meninggal dunia. Saat raja meninggal, semua azimatnya disimpan di dalam peti, kemudian peti tersebut diletakkan di dasar tempat candi tersebut dibangun. Sebagai pelengkap dibuatlah arca yang merupakan perwujudan raja sebagai dewa dan di depannya diletakkan sesaji.

Candi bagi umat Hindu digunakan sebagai makam, sedangkan candi dalam ajaran Buddha berfungsi sebagai tempat pemujaan terhadap dewa. Setiap bangunan candi mempunyai tiga bagian utama sebagai berikut.

a. Kaki candi, berbentuk bujur sangkar melambangkan “alam bawah” yaitu dunia tempat hidup manusia.
b. Badan candi, melambangkan “alam antara” tempat manusia yang sudah meninggalkan semua urusan duniawinya.
c. Atap candi, melambangkan “alam atas”, berbentuk lingkaran dengan tiga teras berundak-undak.

Peninggalan candi Hindu-Buddha di Indonesia antara lain sebagai berikut.

a. Candi Borobudur
Dibangun pada abad ke-9 M atau 824 M (746 Saka), oleh Raja Smaratungga dari Dinasti Syailendra. Borobudur terletak di Muntilan yang dikelilingi Bukit Menoreh, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing. Borobudur berasal dari kata boro yang berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti candi, biara, atau asrama dan budur yang berarti atas. Jadi, borobudur berarti candi, istana, atau biara di atas bukit.

Candi Borobudur memiliki sepuluh tingkat dengan stupa induk setinggi 7 m dengan garis tengah 9,9 m. Bangunan Candi Borobudur terbengkalai seiring dengan runtuhnya Kerajaan Mataram Hindu dan gempa bumi. Letusan gunung berapi juga turut meruntuhkan sebagian bangunan candi. Pada tahun 1814, H.C. Cornelius bersama penduduk membersihkan lokasi candi. Dan baru pada tahun 1835 bentuk candi terlihat seluruhnya.

Pemugaran Candi Borobudur pertama kali dilakukan tahun 1907-1911 berkat bantuan Th. Van Erp, dan berhasil menyelamatkan Candi Borobudur. Pemugaran kedua dilakukan pemerintah Indonesia dengan bantuan UNESCO. Pemugaran Candi Borobudur selesai pada tahun 1982. Candi Borobudur mempunyai 505 arca Buddha dan pada bagian dinding candi terdapat pahatan atau disebut relief. Relief-relief itu menggambarkan berbagai cerita, antara lain sebagai berikut.

1) Karmawibhangga berisi berlakunya hukum karma (sebab akibat), di mana setiap perbuatan baik dan buruk akan membawa akibat bagi pelakunya.
2) Lalita vistara yang menceritakan tentang kehidupan sang Buddha dari lahir sampai mendapat bodhi (wahyu) tentang hidup sejati.
3) Awadana dan Jataka yang menggambarkan kehidupan sang Buddha di masa lalu (Awadana) dan kepahlawanan orang-orang suci (Jataka).

b. Candi Prambanan
Candi Prambanan disebut juga Candi Roro Jonggrang. Candi Prambanan dibangun pada masa pemerintahan Raja Balitung pada abad ke-9 sebagai simbol Kerajaan Mataram Hindu. Pembangunan Candi Prambanan selesai pada masa pemerintahan Raja Daksa. Candi Prambanan terletak di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan DI Jogjakarta. Candi Prambanan menjadi tempat wisata budaya yang menarik karena di sekitar candi dibangun Taman Wisata dan panggung pentas Sendratari Ramayana. 

Candi Prambanan mempunyai tiga pelataran persegi, yaitu bawah, tengah, dan atas. Pada masing-masing pelataran berderet candi-candi kecil. Dalam kompleks Candi Prambanan juga terdapat tujuh buah candi besar, yaitu sebagai berikut.

1) Candi Brahma

Terletak di sebelah selatan Candi Syiwa dan berukuran lebih kecil. Di dalam Candi Brahma terdapat patung Brahma yang mempunyai empat kepala. Dewa Brahma merupakan dewa pencipta alam semesta. Pada dinding Candi Brahma terdapat relief yang berisi kelanjutan cerita Ramayana di candi induk.

2) Candi Syiwa

Disebut juga Candi Roro Jonggrang dan menjadi candi utama. Candi ini dinamakan Candi Syiwa karena di dalamnya menyimpan patung Syiwa. Masyarakat Jawa memberikan penghormatan yang tinggi kepada Dewa Syiwa karena selain sebagai dewa perusak, Dewa Syiwa juga dapat menciptakan benda kembali. Pada dinding Candi Syiwa terdapat relief yang menggambarkan tentang cerita Ramayana.

3) Candi Wisnu

Candi Wisnu mempunyai bentuk dan ukuran hampir sama dengan Candi Brahma. Candi Wisnu terletak di sebelah utara Candi Syiwa. Di dalam Candi Wisnu terdapat ruangan berisi patung Wisnu, yang digambarkan sebagai dewa dengan empat tangan yang memegang alat-alat seperti cakra, tiram, dan pemukul. Dewa Wisnu merupakan dewa pemelihara alam semesta. Pada Candi Wisnu juga terdapat relief yang menggambarkan cerita Kresnayana.

4) Candi Apit

Diberi nama Candi Apit karena letaknya terapit oleh dua candi yang berderet dan berhadapan. Candi Apit digunakan sebagai tempat semadi bagi pemeluk agama Hindu.

5) Candi Nandi

Candi Nandi terletak di deretan sebelah timur. Di dalamnya terdapat patung berbentuk seekor sapi jantan besar yang sedang berbaring. Sapi atau nandi tersebut merupakan kendaraan Dewa Syiwa. Di dalam Candi Nandi juga terdapat patung Dewa Surya (matahari) dan Dewa Candra (bulan).

6) Candi Angsa

Candi Angsa berhadapan dengan Candi Brahma. Candi ini berfungsi sebagai kandang binatang yang menjadi kendaraan Dewa Brahma, binatang tersebut adalah angsa.

7) Candi Garuda

Garuda merupakan kendaraan Dewa Wisnu. Candi Garuda terletak di sebelah utara Candi Nandi. Di bagian bawah lantai Candi Garuda terdapat sumur yang berisi tulang manusia bercampur tanah.

c. Candi Portibi
Terdapat di daerah Padan Balok, Gunung Tua, di Provinsi Sumatra Utara. Candi Portibi merupakan peninggalan Kerajaan Panai tahun 1039. Candi ini dibangun oleh para brahmana Indonesia yang berlayar bersama para pedagang-pedagang untuk menyebarkan agama Hindu di Sumatra Utara.

d. Candi Muara Takus
Dibangun pada masa pemerintahan Raja Balaputradewa, sekitar abad ke 9-10 M. Candi Muara Takus dibangun sebagai tempat pemujaan penganut agama Buddha. Pada masa pemerintahan Raja Balaputradewa diceritakan bahwa Sriwijaya mencapai puncak kejayaannya.

Demikianlah Materi Peninggalan Sejarah Hindu dan Buddha, Kitab, Prasasti, Yupa, Arca dan Candi, semoga bermanfaat.

Mikroskop Bagian dan Fungsinya

Mikroskop Bagian dan Fungsinya – Mikroskop sangat berguna dalam penelitian biologi, yaitu untuk membantu mengamati benda-benda yang sangat kecil seperti mikroorganisme dan bagian-bagian sel. Mikroskop pertama digunakan Leeuwenhoek untuk mengamati mikroorganisme.

Mikroskop ini berlensa tunggal dengan perbesaran hingga 300 kali. Mikroskop optik modern menggunakan dua lensa atau lebih dengan perbesaran mencapai 2.000 kali atau lebih. Saat ini telah dikembangkan berbagai mikroskop optik untuk tujuan khusus, antara lain, mikroskop stereoskopik, mikroskop fotografi, mikroskop ultraviolet, mikroskop petrografi, mikroskop bidang gelap, mikroskop fase, dan yang terbaru mikroskop bidang dekat.

Mikroskop elektron menggunakan gelombang elektron untuk membentuk bayangan yang diperbesar hingga satu juta kali.

Mikroskop

Bagian Mikroskop dan Fungsi nya :

1. Revolver (Pemutar Lensa) untuk memutar lensa objektif agar diperoleh perbesaran yang diinginkan.
2. Meja mikroskop (meja benda) untuk meletakan objek yang akan diamati
3. Cermin (atau lampu) untuk memberikan cahaya pada benda agar benda dapat diamati.
4. Diafragma mengatur intensitas cahaya yang masuk
5. Pemutar kasar (Pengatur Fokus) menggerakan lensa objektif agar diperoleh fokus yang tepat (gambar tidak berbayang)
6. Pemutar halus (Pengatur benda) menggerakan benda agar tepat di bawah lensa objektif.
7. Tabung mikroskop menghubungkan lensa okuler dengan objektif.

Macam-macam mikroskop yaitu

1. Mikroskop Cahaya

Merupakan mikroskop yang mempunyai bagian – bagian yang terdiri dari alat-alat yang bersifat optik, berguna untuk mengamati benda-benda atau preparat yang transparan. Suatu variasi dari mikroskop cahaya biasa ialah mikroskop ultraviolet, karena cahaya ultraviolet tak dapat dilihat oleh mata manusia maka bayangan benda harus direkam pada piringan peka cahaya. Mikroskop ini menggunakan lensa kuarsa.

Mikroskop cahaya merupakan suatu alat yang mempunyai bagian-bagian tertentu, yaitu terdiri dari alat-alat optik dan non optik yang digunakan untuk mengamati benda-benda yang mikroskopis dan transparan.

Mikroskop cahaya mempunyai keuntungan yaitu hemat terhadap penggunaan listrik. Daya pisah adalah kemampuan mikroskop untuk secara jelas dan terpisah dalam membedakan dua titik yang berdekatan yang tanpa mikroskop terlihat sebagai satu titik dan dikatakan sebagai jarak terkecil diantara dua titik yang terlihat sebagai dua titik bukannya satu titik. Hal inilah yang membedakan mikroskop canggih dari mikroskop cahaya. Mikroskop ini terdiri atas bagian-bagian yang masing-masing bagian tersebut mempunyai fungsi tersendiri.

Lensa okuler berfungsi untuk memperbesar bayangan yang bersifat maya dan tegak. Lensa objektif berfungsi untuk mengatur pembesaran ukuran untuk kekuatan 4x, 10x, 40x dan 100x.

Kondensor berfungsi untuk mengatur bayangan yang akan diamati atau untuk menaikkan dan menurunkan kondensor.

Reflektor berfungsi untuk menerima cahaya yang masuk atau dapat memperjelas cahaya yang akan datang.

Tubuh mikroskop berfungsi untuk tempat terjadinya proses bayangan antara lensa objektif dengan lensa okuler.

Makrofokus berfungsi untuk mengatur jarak okuler objektif sehingga tepat fokusnya secara kasar dan jelas.

Mikrofokus berfungsi untuk mengatur jarak okuler sehingga tepat fokusnya secara tajam.
Revolver berfungsi sebagai tempat lensa objektif.

Meja objek berfungsi untuk meletakkan preparat yang akan diamati.

Penjepit berfungsi untuk memperkokoh kedudukan preparat agar tidak goyang.

Pengatur kondensor berfungsi sebagai pengatur letak lensa kondensor terhadap preparat.

Pemegang(lengan) berfungsi untuk memegang mikroskop.

Diafragma berfungsi mengatur cahaya yang masuk dalam mikroskop.

Kaki atau dasar berfungsi untuk memperkokoh kedudukan mikroskop.

Sekrup engsel berfungsi menyesuaikan mikroskop yang baik.

2. Mikroskop Pendar 

Mikroskop ini dapat digunakan untuk mendeteksi benda asing atau antigen dalam jaringan.

3. Mikroskop Medan Gelap 


Mikroskop ini digunakan untuk mengamati bakteri hidup, khususnya bakteri yang begitu tipis yang hampir mendekati batas daya pisah mikroskop majemuk.

4. Mikroskop Fasekontras 

Mikroskop ini digunakan untuk mengamati benda hidup dalam keadaan alaminya, tanpa menggunakan bahan pewarna. Pada bawah meja objeknya dan pada lensa objektifnya terpasang perlengkapan fase kontras.

5. Mikroskop elektron 

Mikroskop elektron adalah sebuah mikroskop yang mampu untuk melakukan pembesaran objek sampai 2 juta kali, Mikroskop elektron menggunakan elektro statik dan elektro magnetik untuk mengontrol pencahayaan dan tampilan gambar serta memiliki kemampuan pembesaran objek serta resolusi yang jauh lebih bagus daripada Mikroskop Cahaya.

Mikroskop elektron ini menggunakan jauh lebih banyak energi dan radiasi elektromagnetik yang lebih pendek dibandingkan mikroskop cahaya Pada tahun 1920 ditemukan suatu fenomena di mana elektron yang dipercepat dalam suatu kolom elektromagnet, dalam suasana hampa udara (vakum) berkarakter seperti cahaya, dengan panjang gelombang yang 100.000 kali lebih kecil dari cahaya. Selanjutnya ditemukan juga bahwa medan listrik dan medan magnet dapat berperan sebagai lensa dan cermin seperti pada lensa gelas dalam mikroskop cahaya.

Mikroskop Elektron Banyak komponen sel seperti mitokondria, ribosom dan retikulum endoplasma yang begitu kecil tidak bisa dilihat secara detail dengan mikroskop biasa. Mereka hanya bisa melihat dengan mikroskop elektron Mikroskop Elektron Pemayaran Mikroskop ini menggunakan berkas elektron, tetapi yang seharusnya ditransmisikan secara serempak ke seluruh medan elektron difokuskan sebagai titik yang sangat kecil dan dapat digerakkan maju mundur pada spesimen

  Mikroskop dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu:

1. Bagian Mekanik terdiri atas:

a. Statip/ tangkai/ lengan mikroskop
b. Tabung
c. Revolver/ pengatur fokus
d. Alas/Kaki
e. Penjepit/ klep
f. Sekrup penggeser objek
g. Meja benda

2. Bagian Optik terdiri atas:

a. Lensa Okuler
b. Lensa objektif
c. Diafragma
d. Kondensor
e. Cermin

Demikianlah Artikel Mikroskop Bagian dan Fungsi nya, Semoga Bermanfaat.

Cara Mudah Mendaftar (Mendapatkan) Mastercard Payoneer dan Mendapatkan Bonus $25

Cara Mudah Mendaftar (Mendapatkan) Mastercard Payoneer dan Mendapatkan Bonus $25 – Apakah kamu sering kesal dan jengkel ketika melakukan registrasi lalu diminta 4 angka nomor mastercard ?, Apakah kamu seorang pencari dolar dari internet, pemasang iklan, atau publisher iklan atau mungkin sering belanja online, Apakah sampai saat ini masih belum memiliki mastercard ?

Mulai oktober 2012, payoneer memberikan $25 bagi yang melakukan pendaftaran lewat link affiliasi, dan hal ini tentu saja sekaligus dengan kartu mastercard. 

Jadi syarat utamanya untuk bisa mendapatkan bonus $25 harus melakukan register melalui link affiliasi, registrasi yang dilakukan tanpa melalui link affiliasi tidak akan mendapatkan bonus apa-apa.

payoneer

Apa itu Payoneer ?

Payoneer adalah pihak penyedia atau layanan jasa untuk bisnis keuangan online, salah satu produk dari Bank of America.

Cara mendaftar di Payoneer
Untuk mendapatkan kartu debit dan saldo $25 dari Payoneer, silahkan mendaftar lewat link berikut  Register Payoneer 
Setelah kamu klik link diatas, lakukan hal berikut :
  • Klik Sign up
  • Klik Start Here,
  • Isilah formulir pendaftaran sesuai dengan ID atau KTP kamu. ( Ingat nanti akan diminta scan ID atau KTP ).
  • yang bertanda * wajib anda isi. jika tidak ada tanda * boleh di kosong kan.
  • untuk mengisi nomor telepon harus di isi dengan format 62. contoh 6261xxxxxxxx
  • Lalu Klik Step II,
  • Isilah Nama yang ingin kamu tulis di kartu debit anda..
  • Langkah terakhir Klik Step III, Verifikasi untuk menyelesaikan registrasi kemudian ceklist I Agree dan Klik Finish..
Setelah selesai registrasi, silahkan buka email dari Payoneer, langkah selanjutnya akan diterangkan step by step melalui email. sampai proses aktivasi kartu. Dan jangan lupa untuk menyimpan user nama, pasword dan security question nya di notepad, buat jaga-jaga kalau lupa. 🙂

Penting untuk diketahui

Apa Keuntungan lain dari Payoneer ?

Mendaftar di payoneer gratis, pengiriman kartu debit juga gratis ( tidak di kenakan biaya ) dan tidak ada tagihan bulanan. anda hanya di kenakan fee atau potongan saat melakukan transaksi. bisa tarik uang lewat ATM di seluruh dunia yang bekerja sama dengan master card. bisa buat verifikasi paypal dan bisa juga belanja online, membeli domain go daddy dan banyak lagi yang bisa anda lakukan dengan kartu debit master card dari payoneer.

Pertanyaan seputar Payoneer   (Disadur dari payoneer.com)

Apa itu kartu Payoneer?
Kartu Payoneer, adalah kartu prepaid master card yang bisa Anda gunakan untuk melakukan transaksi baik online maupun offline (selama ada dana di dalamnya). Kartu ini juga bisa digunakan di ATM berlogo mastercard untuk menarik dana tunai Anda.

Apakah saya bisa melakukan transaksi di internet dengan kartu ini?
Bisa, bila tempat Anda bertransaksi memungkinkan untuk menggunakan kartu debet master card atau ada logonya. Tetapi, demi keamanan, lebih baik Anda menggunakan Paypal. Bila Anda belum memiliki Paypal, bisa mendaftar di sini.

Saya sudah punya Paypal, tapi tidak bisa saya verifikasi karena tidak punya kartu kredit?
Kalau begitu, Anda bisa menggunakan kartu payoneer Anda untuk memverifikasi account paypal Anda.

Apakah Anda sudah memiliki kartu Payoneer?
Bila belum klik  Disini, untuk mendaftar.

Apakah saya perlu bayar untuk kartu payoneer?
Tidak, kartu ini diberikan secara GRATIS bilamana Anda sudah mendaftar Disini , dan anda akan mendapatkan bonus $25 jika saldo anda mencapai $100.

Apakah ini kartu virtual atau kartu nyata?
Ini bukan kartu virtual. Kartu Payoneer adalah kartu sebenarnya yang akan ada terima melalui pos setelah Anda mendaftar.

Siapa yang menanggung biaya pengiriman?
Biaya kirim ditanggung sepenuhnya oleh payoneer, Anda tidak perlu mengeluarkan uang se-sen pun.

Apa Anda sudah menerima kartu payoneer Anda?
– Bila sudah menerima, langkah selanjutnya adalah mengaktivasi kartu tersebut.
– Belum, saya belum terima.
Untuk kita di Indonesia, pengiriman kartu payoneer ke alamat kita bisa memakan waktu berbulan-bulan (Pengalaman saya 35 hari), hal ini dikarenakan sistem pos kita yang masih belum secepat di luar negeri. Bila memang Anda resah karena belum menerima kartunya, Anda bisa menghubungi customer support di alamat ini: support@payoneer.com

Payoneer saya sudah aktif, tapi belum ada dana di dalamnya, bagaimana?
Anda bisa mengaktifkan kegiatan afiliasi Anda di Friendfinder. Lalu Friendfinder akan mengisi account Anda dengan komisi yang Anda dapatkan dari sana. Anda akan menerima email yang memberitahukan mengenai pengisian ini.

Berapa jumlah dana maksimal yang bisa ditampung di payoneer?
Jumlah maksimalnya adalah sebanyak 12.500 US dollar. Untuk pembelajaan per harinya di limit sebanyak 2500 USD. Penarikan tunai per hari hanya boleh maksimum 1000 USD (ini sudah termasuk dalam total limit per hari, jadi bila Anda menarik tunai maksimal, total yang bisa Anda gunakan untuk transaksi per hari tinggal 1500 USD)

Bagaimana saya bisa mengecek dana saya?
Anda bisa setiap saat mengecek balance dana Anda di  www.payoneer.com  kemudian klik My Account atau klik Disini.

Apa yang terjadi bila saya menggunakan kartu payoneer saya di ATM bila kartunya belum aktif?
Kartu Anda dapat tertelan oleh mesin ATM. Jadi, jangan coba lakukan ini!

Apa yang terjadi bila saya mencoba kartu saya yang belum terisi dana di ATM?
Kartu Anda dapat tertelan oleh mesin ATM. Jadi, jangan coba lakukan ini!
Demikianlah Cara Cara Mudah Mendaftar (Mendapatkan) Mastercard Payoneer dan Mendapatkan Bonus $25, semoga bermanfaat.