Jumat , 24 November 2017
Home / IPS Kelas IX / Ciri-ciri Negara Maju dan Berkembang

Ciri-ciri Negara Maju dan Berkembang

Ciri-ciri Negara Maju dan Berkembang – Negara maju adalah sebutan untuk negara yang menikmati standar hidup yang relatip tinggi melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang merata. Kebanyakan negara dengan GDP per kapita tinggi dianggap negara maju. 
Namun beberapa negara yang telah mencapai GDP tinggi melalui eksploitasi sumber daya alam (seperti Nauru melalui pengambilan phosphorus) tanpa mengembangkan industri yang beragam dan ekonomi berdasarkan jasa tidak dianggap memiliki status ’maju’.

Negara berkembang adalah sebuah negara dengan rata-rata pendapatan yang rendah, infrastruktur yang relatif terbelakang, dan indeks perkembangan manusia yang kurang dibandingkan dengan norma global. Istilah ini mulai menyingkirkan Dunia Ketiga, sebuah istilah yang digunakan pada masa perang dingin.

Ciri-ciri Negara Maju dan Berkembang
Keberhasilan pembangunan di suatu negara dapat dijadikan acuan untuk menentukan suatu negara dikatakan maju atau berkembang. Negara yang sudah berhasil dalam pembangunan sering disebut dengan negara maju, sedangkan negara yang masih sedang giat-giatnya melaksanakan pembangunan disebut dengan negara berkembang.

Untuk menentukan sejauh mana pembangunan suatu negara sudah berhasil atau belum, sudah mendekati tujuan yang telah ditargetkan atau belum, dipergunakan acuan-acuan, yaitu berupa :

1. Peningkatan pendapatan,
2. Penurunan masyarakat miskin,
3. Penurunan ketimpangan penerimaan pendapatan,
4. Penurunan kesenjangan hidup,
5. Penurunan kematian bayi,
6. Penurunan melek huruf,
7. Penurunan pertumbuhan penduduk.
Group of 15 (G15; bahasa Indonesia: Kelompok Lima Belas) didirikan pada Pertemuan Puncak Gerakan Non-Blok di Beograd,Yugoslavia pada September 1989. Organisasi ini terdiri dari negara-negara dari Amerika Latin, Afrika, dan Asia dengan tujuan meningkatkan pertumbuhan dan kemakmuran. G15 memfokuskan pada kerja sama di antara negara berkembang di bidang investasi, perdagangan, dan teknologi. Anggota G15 telah berkembang menjadi 17 negara, namun namanya tetap tidak berubah.
Anggota G15 terdiri dari Aljazair, Argentina, Brasil, Chili, India, Indonesia, Jamaica, Kenya, Malaysia, Meksiko, Mesir, Nigeria, Peru, Senegal, Sri langka, Venezuela, Zimbabwe.

Ciri-ciri negara berkembang pada umumnya adalah:

a. Produksi barang-barang primer masih dominan, seperti pertanian.
b. Adanya masalah tekanan penduduk, yaitu meliputi:
– Tingginya tingkat pengangguran
– Angka peledakan penduduk tinggi
– Produktivitas rendah/tingkat hidup rendah
– Tingginya kemiskinan kemelaratan
– Beban tanggungan tinggi
– Ketergantungan terhadap bangsa lain tinggi dan mudah terpengaruh
c. Sumber daya alam belum banyak diolah
d. Kekurangan modal
e. Ketergantungan pada impor hasil industri, dan ekspor dari produk-produk barang mentah (industri dan pertanian)
f. Rendahnya pendapatan penduduk dengan GNP < US $ 1000
g. Penguasaan terhadap IPTEK rendah
h. Tingkat pendidikan rendah


Negara maju mempunyai ciri utama, yaitu tingginya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga mampu mengolah sumberdaya alam secara optimal, baik sumberdaya alam yang ada di negaranya maupun di negara lain melalui kerjasama. Industri dan jasa adalah sektor andalan yang dapat memacu pertumbuhan ekonomi. 
Melalui industrialisasi, maka tenaga kerja yang dapat diserap lebih banyak, pengangguran menjadi sedikit bahkan tidak ada, produktivitas per kapita lebih tinggi, produksi barang lebih beragam, lebih cepat dan lebih banyak hasilnya, sehingga pemasarannya (ekspor) pun lebih luas. Melalui proses industri, nilai jual suatu barang menjadi lebih mahal, sehingga keuntungan pun menjadi lebih tinggi. Karena itulah negara maju selalu diidentikkan dengan negara  industri.

Ciri-ciri negara maju:
 
a. Pendapatan rata-rata tinggi.
b. Angka harapan hidup tinggi.
c. Pertumbuhan penduduk rendah.
d. Sumberdaya manusia berkualitas tinggi dan menguasai IPTEK.
e. Jarang dijumpai pendudukmiskin.
f. Kegiatan ekonomi berbasis industri dan jasa.
g. Sebagian besar penduduk tinggal di perkotaan.
h. Tingkat pendidikan penduduk rata-rata tinggi.
i. Angka kematian bayi kecil.

Itulah Ciri-ciri Negara Maju dan Berkembang, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *