Sabtu , 25 November 2017
Home / Biologi Kelas XII / Homologi Alat-alat Tubuh Berbagai Makhluk Hidup

Homologi Alat-alat Tubuh Berbagai Makhluk Hidup

Homologi Alat-alat Tubuh Berbagai Makhluk Hidup – Apabila kita mengamati struktur organ tubuh dari berbagai jenis hewan, maka kamu dapat menemukan hal yang menarik, yaitu organ-organ tubuh yang mempunyai bentuk dan fungsi berbeda, tetapi mempunyai bentuk dasar sama. Peristiwa ini, dikenal dengan Homologi.
Contoh homologi adalah anggota tubuh depan dari manusia dipakai untuk memegang. Sedangkan, pada burung dan kelelawar anggota tubuh depan untuk terbang, kaki depan buaya dan salamander untuk berjalan, sirip dada ikan dan paus untuk berenang. Organ-organ tersebut memiliki bentuk dasar yang sama, tetapi dengan adanya evolusi, organ-organ tersebut menjadi berbeda. Akibatnya, terjadi perubahan adaptasi yang berbeda sehingga fungsinya menjadi berbeda.

Homologi Alat-alat Tubuh Makhluk Hidup

Adanya homologi organ ini menunjukkan perkembangan evolusi konvergensi. 


Contohnya:
a) Sayap kupu-kupu analogi dengan sayap burung, keduanya berfungsi untuk terbang.
b) Sayap kelelawar analogi dengan sayap burung, keduanya berfungsi untuk terbang.

Bila dibandingkan tulang-tulang anggota tubuh depan mulai dari ikan, katak, kadal, burung, mamalia hingga manusia tampak adanya perubahan-perubahan yang disesuaikan dengan fungsinya. Selain pada alat gerak, homologi juga dijumpai pada sistem sirkulasi dan urogenitalis vertebrata dari ikan hingga mamalia.

Demikianlah Materi Homologi Alat-alat Tubuh Berbagai Makhluk Hidup, selanjutnya simak juga Materi Evolusi Perbandingan Embriologi, Biokimia, Fisiologi dan Petunjuk Alat Tubuh yang Tersisa, selamat belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *