Jumat , 24 November 2017
Home / Sosiologi Kelas X / Pengertian dan Definisi Ilmu Sosiologi Menurut Para Ahli

Pengertian dan Definisi Ilmu Sosiologi Menurut Para Ahli

Pengertian dan Definisi Ilmu Sosiologi Menurut Para Ahli – Banyak para ahli yang memberikan pengertian sosiologi, mari kita analisa bersama-sama kemudian buatlah kesimpulannya.

Beberapa definisi ilmu sosiologi menurut para ahli :

 
1. Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi

Dalam bukunya berjudul Setangkai Bunga Sosiologi; Sosiologi sebagai ilmu masyarakat mempelajari tentang struktur sosial yakni keseluruhan jalinan sosial antara unsur-unsur sosial yang pokok, seperti kaidah-kaidah sosial, kelompok-kelompok dan lapisan-lapisan sosial. Sosiologi juga mempelajari proses sosial yaitu pengaruh timbal balik antara berbagai segi kehidupan bersama.

Contoh hubungan timbal balik antara kehidupan agama dan kehidupan politik, hubungan timbal-balik antara kehidupan agama dan segi kehidupan ekonomi.

 
2. P.J. Bouman (Belanda)

 Definisi Ilmu Sosiologi

Dalam bukunya Sociologie Begrien en Problemen, sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan sosial antar sesama manusia (individu-individu), antar individu dengan kelompok, sifat dan perubahan-perubahan, lembaga-lembaga serta ide-ide sosial.

 
3. William F. Ogburn dan Meyer F. Nimkoff

Sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial yaitu hubungan timbal balik antara perorangan dengan perorangan, perorangan dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok. Hasilnya yaitu organisasi sosial

Demikianlah Pengertian dan Definisi Ilmu Sosiologi Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *