Sabtu , 25 November 2017
Home / Antropologi Kelas XI / Penjelasan dan Dampak Kebudayaan Asing

Penjelasan dan Dampak Kebudayaan Asing

Penjelasan dan Dampak Kebudayaan Asing – Globalisasi terjadi di semua bidang kehidupan. Kebudayaan asing akan semakin mudah memengaruhi budaya lokal. Namun demikian, tidak seluruh budaya asing membawa pengaruh buruk bagi budaya lokal. Kebudayaan asing adalah kebudayaan yang berada di luar wilayah kebudayaan diri.

Keberadaan kebudayaan asing dapat menimbulkan beberapa hal yang beragam. Hal tersebut di antaranya adalah :

a. Kebaikan Kebudayaan Asing bagi Kebudayaan Nasional

Kebudayaan asing menjadi baik bagi kebudayaan nasional ketika kebudayaan asing mampu memberi masukan kebudayaan yang sesuai dengan kepribadian kebudayaan nasional. 

Selain itu, kebudayaan asing menjadi menguntungkan bagi kebudayaan nasional ketika mampu menyumbangkan nilai lebih bagi kebudayaan nasional. Kebudayaan asing menjadi berguna bagi kebudayaan nasional manakala kebudayaan asing tersebut diterima di dalam insan pelaku kebudayaan nasional. 

Salah satu contoh kebudayaan asing yang memberi masukan kebudayaan yang sesuai dengan kepribadian nasional adalah agama. 

Dampak Kebudayaan Asing

Banyak agama yang masuk ke Indonesia sesuai dengan kepribadian bangsa, sehingga hampir seluruh agama yang masuk ke Indonesia dapat berkembang dengan baik. Sementara itu, salah satu contoh kebudayaan asing yang memberi nilai lebih bagi kebudayaan nasional adalah masuknya teknologi tinggi bagi Indonesia. Teknologi mampu membantu manusia pada segala bidang. Nilai lebih didapatkan karena teknologi asing mampu memberi bantuan bagi keseharian hidup manusia.


Adapun salah satu contoh kebudayaan asing yang berguna bagi kebudayaan nasional adalah lemari es. Lemari es berguna menampung, mendinginkan, membekukan, dan mengawetkan sesuatu.

b. Keburukan Kebudayaan Asing bagi Kebudayaan Nasional

Kebudayaan asing tidak selalu memberikan nilai positif bagi kebudayaan nasional. Banyak pula kebudayaan asing yang merugikan kebudayaan nasional. Bentuk kerugian tersebut dapat berupa kerusakan moral, kehancuran moral, keterlambatan berpikir, dan lain sebagainya.

Kebudayaan asing yang membawa dampak buruk bagi kebudayaan nasional sering kali tidak disadari oleh pelaku kebudayaan sebagai penerima dan penyumbang kebudayaan. Kebudayaan asing yang membawa pengaruh buruk tersebut mampu menyusup secara perlahan ke dalam tubuh kebudayaan nasional sehingga kerugian baru akan terlihat setelah beberapa waktu.

Salah satu contoh kebudayaan asing yang memberi pengaruh buruk bagi kebudayaan nasional adalah media televisi. Melalui televisi, banyak orang yang terpengaruh cerita yang ada di dalam sinetron sehingga ia terinspirasi untuk melakukan hal yang sama dengan cerita di layar kaca tersebut. Melalui televisi pula kepribadian bangsa dikoyak dengan pemakaian pakaian ketat atau mengenakan pakaian mini.

Melalui media televisi, budaya masyarakat dapat bergeser dan bahkan kemudian berubah jauh menyimpang dari kebudayaan yang sebelumnya. Terlebih lagi pada masa globalisasi yang memungkinkan arus komunikasi mengalir dengan deras akibat dari semakin canggihnya sarana komunikasi seperti internet, dunia serasa di dalam genggaman. 

Namun, dampak negatif penggunaan internet juga sangat tinggi. Situs-situs yang belum dapat dikonsumsi anak di bawah usia dapat dengan mudah dikonsumsi jika tanpa adanya pengawasan dari orang yang lebih dewasa.


Demikianlah Materi Pengertian dan Penjelasan Kebudayaan Asing, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *