Sabtu , 25 November 2017
Home / Biologi Kelas X / Penjelasan Mastigophora atau Flagellata

Penjelasan Mastigophora atau Flagellata

#Biologi_Kelas_X Penjelasan Mastigophora atau Flagellata – Flagellata meliputi sekitar 1500 jenis Protozoa yang semuanya mempunyai alat gerak flagela. Semua jenis dalam kelompok ini berkembang biak secara aseksual dengan membelah diri secara membujur. 

Beberapa jenis Flagellata bersimbiosis dengan organisme lain, misalnya Oikomonas synsyanotica dan Amphisolenia bersimbiosis dengan Cyanobacteria. Jenis yang lain bersifat parasit yang mengifeksi manusia dan menimbulkan penyakit pada alat kelamin, usus, dan penyakit sistemik.

Perhatikan beberapa contoh Flagellata berikut ini.

Mastigophora atau Flagellata
Trichomonas vaginalis

a. Giardia lamblia merupakan Protozoa usus yang dapat menyebabkan disentri dan diare, terutama ditemukan dalam usus dua belas jari. Ditularkan melalui makanan atau minuman yang tercemar atau kontak dari tangan ke mulut.


b. Trichomonas vaginalis menimbulkan peradangan pada vagina, ditandai dengan keluarnya cairan disertai rasa panas seperti terbakar dan rasa gatal.

c. Trichomonas homini hidup di dalam alat pencernaan, tidak patogen.


d. Trichomonas foetus menyebabkan abortus spontan pada ternak.

e. Leishmania tropica menyebabkan leishmaniasis yaitu menyebabkan leiso (luka patologis) pada kulit atau organ pencernaan.

f. Trypanosoma gambiense menyebabkan penyakit tidur pada manusia.

Baca juga materi selanjutnya Penjelasan Sarcodina atau Rhizopoda, selamat belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *