Sabtu , 25 November 2017
Home / Sosiologi Kelas X / Rangkuman Pengertian Ilmu Sosiologi

Rangkuman Pengertian Ilmu Sosiologi

Rangkuman Pengertian Ilmu Sosiologi – Setelah mempelajari Ilmu Sosiologi secara umum tentu agak sulit untuk mengingatnya secara keseluruhan, berikut rangkuman nya :

1. Sebuah keluarga adalah contoh interaksi sosial yang paling kecil. Struktur sosial di kelurga terdiri atas bapak, ibu, anak dan anggota keluarga lainnya yang terikat oleh keturunan. Di keluarga terjadi interaksi dan komunikasi antar sesama anggota keluarga. Tujuan dari pada dilakukan interaksi adalah untuk mempertahankan nilai-nilai yang ada dalam keluarga juga tentunya untuk mempertahankan keluarga itu sendiri. Sama halnya di masyarakat, sebagai sebuah struktur sosial dan sebagai sebuah sistem masyarakat terdiri atas berbagai unsur di mana setiap unsurnya itu melakukan interaksi.

2. Masyarakat adalah objek kajian sosiologi. Sosiologi mempelajari hubungan timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok dan kelompok yang ada di masyarakat. Setiap masyarakat memiliki pola interaksi yang berbeda-beda. Bahkan yang lebih menarik lagi setiap masyara-kat memiliki identitas diri yang dijungjung dan dipertahankan.

http://www.sibarasok.net/2013/11/rangkuman-pengertian-ilmu-sosiologi.html3. Sosiologi adalah ilmu yang khusus mengkaji masyarakat. Para sosiolog berperan memberikan gambaran realitas sosial yang dikaji secara ilmiah dengan metode-metode tertentu guna mendapatkan ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan itu akan dimanfaatkan untuk membantu dalam menyelesaikan masalah-masalah sosial yang dihadapi oleh masyarakat

4. Secara ringkas konsep-konsep dasar sosiologi yang di masyarakat ialah:

a. Perubahan sosial

b. Ketertiban dan pengendalian sosial

c. Sosialisasi

d. Organisasi sosial

e. Mobilitas sosial

f. Masalah-masalah sosial.

5. Abad 20 sosiologi berkembang pesat di Amerika Serikat. Pada masa ini di Amerika Serikat tumbuh kota-kota besar, industri industri besar dan gelombang migrasi besar-besaran. Akibat dari pertumbuhan perkotaan ini menimbulkan gejolak dan perubahan sosial yang besar dan kompleks. Kondisi demikian menjadi kajian para ahli sosiologi untuk menemukan pendekatan baru, sehingga melahirkan sosiologi modern.

6. Istilah sosiologi banyak dibicarakan oleh para pemerhati sebagai bidang pengamatan yang baru sejak sekitar tahun 1830-1854. Auguste Comte (1798-1857) adalah seorang filsuf Perancis per-tama yang menggunakan istilah “Sosiologi” untuk menyebut ilmu pengetahuan tentang masyarakat. Comte memberi nama itu pada tahun 1839 dan diterbitkan dalam bukunya, Cours de la Philosovie Positive yang terkenal pada tahun 1942.

7. Orientasi masalah sosilogi adalah tinjauan masalah dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Masyarakat sebagai sebuah sistem kehidupan yang kompleks memiliki masalah– masalah yang kompleks pula

8. Sosiologi termasuk ilmu pengetahuan murni (pure-science) yaitu merupakan pencarian ilmu pengetahuan bukan pada praktis penggunaanya. Sosiologi juga merupakan ilmu terapan ( aplied-Science)

9. Metodologi penelitian membahas konsep teoritik berbagai metode, kelebihan dan kelemahannya yang digunakan dalam karya ilmiah. Seangkan Metode penelitian mengemukakan secara teknis tentang metode yang digunakan. Metodologi penelitian merupakan ilmu yang mempelajari tentang metodologi penelitian dan ilmu tentang alat untuk penelitian.
Glosarium

Kontak Sosial : Proses yang terjadi antar manusia dengan bersentuhan baik secara fisik atau verbal

Sosiolog : Suatu ilmu pengetahuan apabila sosiologi mengembangkan suatu kerangka pengetahuan yang tersusun dan teruji yang didasarkan pada penelitian ilmiah.

Sciences : Pengetahuan (knowledge) yang tersusun secara sistematis dengan menggunakan cara berfikir ilmiah berfikir ilmiah merupakan kegiatan berfikir yang memenuhi persyaratan tertentu.

Empiris : Berdasarkan observasi terhadap kenyataan dan tidak berdasarkan praduga.

Kumulatif : Teori-teori yang disusun berdasarkan teori-teori yang sudah ada atau memperbaiki, memperluas serta memperkuat teori-teori yang sudah lama.

Nonetis : Tidak mempersoalkan baik dan buruk, tetapi untuk memperjelas kajian/masalah secara lebih dalam, mengabaikan nilai yang dimiliki oleh data tersebut, baik atau buruknya, pantas atau tidaknya.

Studi Kepustakaan : Survei atas semua penelitian yang telah dilakukan mengenai masalah yang akan diteliti.

Hipotesis : Yaitu mengembangkan lebih lebih dari satu masalah yang akan diteliti Metode penelitian

kuantitatif : Merupakan metode yang menggunakan bahan keterangan dengan menggunakan angka-angka sehingga gejala yang diteliti dapat diukur dengan menggunakan skala, tabel, indeks dan formula yang semuanya menggunakan ilmu pasti.

Sociometry : Merupakan kumpulan konsep dan metode yang bertujuan untuk menggambarkan dan meneliti hubungan antar manusia dalam masyarakat secara kuantatif

Library Research : Suatu cara memperoleh data dengan mempelajari buku buku di perpustakaan yang merupakan hasil dari para peneliti terdahulu.

Keluarga : Merupakan kesatuan sosial yang dipersatukan oleh ikatan perkawinan darah, terdiri atas suami, istri dan anakanak.

Masyarakat : Sekelompok manusia yang permanen melakukan interaksi antar individu dengan individu, individu dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok.

Komunitas : Satuan sosial yang didasari oleh lokalitas, mempunyai ikatan solidaritas yang kuat antar anggotanya sebagai akibat kesamaan tempat tinggal, memiliki perasaan membutuhkan satu sama lain, serta keyakinan tanah dimana tempat mereka tinggal memberikan kehidupan kepada mereka

Asosiasi : Suatu kehidupan bersama antar individu dalam suatu ikatan.

Small Group : kelompok yang terdiri sekurang-kurangnya dua orang, masing-masing menjalin hubungan untuk mencapai tujuan tertentu.

Klik (Clique) : Kelompok kecil yang terbentuk dari suatu kelompok yang lebih besar, karena frekuensi hubungan yang relatif tinggi atau sering bertemu.

Cressive Group : yaitu kelompok yang timbul karena reaksi spontan, terbentuk karena ketidaksengajaan, memiliki kepentingan yang sama dan tujuan yang sama, serta tempat tinggal yang berdekatan.

Demikianlah Rangkuman Pengertian Ilmu Sosiologi, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *