Selasa , 21 November 2017
Home / Sosiologi Kelas XII / Syarat Perubahan Sosial Diterima Masyarakat

Syarat Perubahan Sosial Diterima Masyarakat

Syarat Perubahan Sosial Diterima Masyarakat – Menurut Ayat Suryatna, agar dapat diterima oleh masyarakat secara luas, perubahan sosial harus memenuhi beberapa persyaratan, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Masyarakat harus merasa butuh dengan perubahan, serta ada kesadaran bersama bahwa kehidupan saat ini sudah tidak cocok lagi, mengingat pergeseran waktu telah berdampak pada perubahan lingkungan. 

Akibatnya kebudayaan masyarakat masa lampau tidak mungkin lagi dapat diterapkan dalam kehidupan saat ini atau bahkan kebudayaan yang tengah berlangsung saat ini harus dipersiapkan untuk menciptakan kebudayaan masyarakat mendatang.

2. Perubahan yang disebabkan terjadinya inovasi harus dapat dipahami dan dikuasai oleh anggota masyarakat lainnya. Inovasi itu harus bermanfaat bagi kehidupan bersama pada waktu mendatang. Seperti dapat kita contohkan dalam menjelaskan pentingnya inovasi melalui pembangunan.

Syarat Perubahan Sosial Diterima Masyarakat

3. Perubahan itu harus dapat diajarkan. Hal ini mengingat inovasi adalah suatu konfigurasi mental atau adanya perubahan dalam tatanan sistem berpikir seseorang. Konfigurasi mental tersebut akan menghasilkan perilaku dan hasil perilaku itu di antaranya dalam bentuk benda-benda.


4. Perubahan itu harus menggambarkan keuntungan masyarakat pada masa yang akan datang. Perubahan yang dilakukan oleh inovator-inovator harus senantiasa didasarkan pada fakta yang diambil dari kondisi saat ini dalam rangka meningkatkan taraf kehidupan manusia yang lebih baik.

5. Perubahan tidak merusak prestise pribadi atau golongan. Seorang pembaru yang berhasil adalah mereka yang memiliki tidak hanya sekadar kecerdasan, tetapi juga peluang.Ia juga harus memiliki kepribadian yang fleksibel, sehingga dapat menghargai orang lain.

Rangkuman Materi Proses Perubahan Sosial dalam Masyarakat

Perubahan sosial adalah suatu bentuk usaha masyarakat untuk melakukan perbaikan, atau memperbarui kondisi yang sekarang menjadi berbeda dari kondisi sebelumnya.
Perspektif perubahan sosial meliputi perspektif evolusi, perspektif konflik, perspektif fungsional, dan perspektif siklis.

Soerjono Soekanto menyebutkan bahwa terjadinya perubahan sosial disebabkan oleh faktor intern yang meliputi perubahan penduduk, adanya penemuan baru, konflik dalam masyarakat, dan terjadi pemberontakan atau revolusi, serta faktor ekstern yang meliputi faktor alam yang ada di sekitar masyarakat berubah, peperangan, dan pengaruh kebudayaan masyarakat lain.

Proses perubahan sosial meliputi difusi, akulturasi, asimilasi, dan akomodasi.

Paul B. Horton dan Chester L. Hunt berpendapat bahwa faktor penentu dan kadar perubahan sosial adalah lingkungan fisik, kontak dan isolasi, struktur sosial, sikap dan nilai, serta kebutuhan yang dianggap perlu.
Syarat-syarat suatu perubahan sosial diterima masyarakat adalah sebagai berikut.

– Masyarakat harus merasa butuh dengan perubahan itu.
– Perubahan yang disebabkan terjadinya inovasi harus dapat dipahami dan dikuasai oleh anggota masyarakat lainnya.
– Perubahan itu harus dapat diajarkan.
– Perubahan itu harus menggambarkan keuntungan masyarakat pada masa yang akan datang.
– Perubahan tidak merusak prestise pribadi atau golongan.

Demikianlah Materi Proses Perubahan Sosial dalam Masyarakat Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *