Sabtu , 25 November 2017
Home / Geografi Kelas X / Tata Surya dan Jagat Raya (Matahari, Planet, Komet, Meteor dan Asteroid)

Tata Surya dan Jagat Raya (Matahari, Planet, Komet, Meteor dan Asteroid)

Tata Surya dan Jagat Raya (Matahari, Planet, Komet, Meteor dan Asteroid) – Sistem tata surya terdiri atas matahari, planet, meteor, asteroid, komet, dan satelit alami yang mengelilinginya. karakteristik anggota tata surya sebagai berikut:
MATAHARI

Tata Surya dan Jagat Raya
matahari merupakan tata surya. besarnya 109 kali besar bumi. ukuran garis tengahnya 100 kali lebih besar dari bumi. jaraknya ke bumi 150 juta kilometer. terdiri atas inti dan kulit, bagian kulit terdiri dari: lapisan fotosfera, kromosfera, dan korona. fotosfera merupakan gas yang dipancarkan ke segala penjuru. diatas fotosfera terdapat kromosfera. korona (lidah api yang menyala nyala) berada di bagian terluar matahari.


planet adalah benda langit dalam tata surya yang bergerak mengelilingi matahari pada lintasan yang stabil. ciri ciri planet:

berada dalam suatu orbit yang mengeliliingi matahari mempunyai berat yang cukup untuk gravitasi dirinya dalam mengatasi tekanan rigid supaya ia menjadi suatu ekuilibrium hidrostatik (bentuk hampir bulat) merupakan objek yang dominan dalam orbitnya sendiri

planet dibagi dalam dua golongan, planet dalam dan planet luar, planet dalam adalah planet planet yang lintasannya berada di antara bumi dan matahari. (merkurius dan venus). planet luar adalah planet yang lintasannya mengelilingi matahari lebih jauh dan lebih besar dari jari jari lintasan bumi mengelilingi matahari. (mars, saturnus, uranus, dan neptunus)

berikut beberapa karakteristik dari planet planet dalam tata surya:

Merkurius

Tata Surya dan Jagat Raya
Planet yang terdekat dengan matahari adalah merkurius, suhu di merkurius sangat panas. jarak merkurius dengan matahari adalaah 57 juta km. jaraknya dengan bumi sekitar 92 juta km. ukurannya hanya 27% dari bumi. revolusi merkurius: 88 hari | rotasi merkurius: 59 hari

Venus

Tata Surya dan Jagat Raya
Planet ini biasanya disebut sebagai bintang fajar, bintang kejora, bintang senja, dan Zuhara. venus di selimuti awan tebal yang mengakibatkan cahaya matahari terpantulkan sehingga venus menjadi planet yang paling terang. venus merupakan planet paling dekat dengan bumi. jarak venus dengan matahari sekitar 108 juta km. revolusi venus: 225 hari.

Bumi

Tata Surya dan Jagat Raya
hingga sekarang bumi merupakan satu satunya planet yang memiliki kehidupan. bumi memiliki satelit alami yaitu bulan (mengelilingi bumi dengan waktu 27,3 hari). rotasi bumi : 23 jam 56 menit | revolusi bumi: 365 hari 6 jam.

Mars

Tata Surya dan Jagat Raya
disebut juga planet merah. planet ini dapat dilihat pada malam hari berupa cahaya cemerlang yang bewarna kemerahan. cahaya kemerahan disebabkan batuannya mengandung besi dan debu yang teroksidasi oleh gas karbon dioksida sehingga berkarat. Mars berasal dari nama dewa perang romawi, mars memiliki diameter 6800 km atau setengah diameter bumi. rotasi mars: 24 jam 37 menit | revolusi mars: 687 hari. mars memiliki dua satelit yaitu Phobos dan Deimos.

Yupiter

Tata Surya dan Jagat Raya
yupiter merupakan planet terbesar dalam tata surya kita, besarnya sekitar 1.310 kali besar bumi. beratnya hanya dua setengah kali berat bumi. planet ini lembek, permukaannya hanya berupa gas helium dan hidrogen cair yang terbungkus awan bergerak. rotasi yupiter: 10 jam | revolusi yupiter: 12 tahun. memiliki 68 satelit antara lain: Io, Europa, Ganymede, Callisto.

Saturnus

Tata Surya dan Jagat Raya
planet ini memiliki keunikan karena memiliki cincin yang berbentuk dari potongan miliaran partikel es dengan ketebalan sekitar 40 meter. jaraknya dengan matahari sekitar 1,4 miliar km. rotasi: 10,5 jam | revolusi: 30 tahun. planet ini berputar cepat sehingga dianggap planet paling berangin. cincinnya merentang sepanjang 265.500 km dan 56 bulan yang mengelilinginya. nama satelit saturnus: Pan, Prometheus, Pandora, Rhea, Titan, Hyperian, Lapetus, Phoebe, Janus, Epimetheus, Enceladus, Tethys, dan Dione

Uranus

Tata Surya dan Jagat Raya
planet ini merupakan salah satu planet yang jauh dari matahari. terdiri dari gas utama berupa hidrogen, metana, dan helium serta mengandung es. hal ini menyebabkan uranus dingin dan beku. uranus juga memiliki cincin tipis dan sudah ditemukan sembilan cincin. rotasi: 11 jam (arah berlawanan dengan rotasi bumi) | revolusi: 84 tahun. satu sisi mengalami siang 42 tahun, sisi lainnya mengalami malam 42 tahun. planet ini ditemukan oleh William Herschel pada tahun 1782.

Neptunus

Tata Surya dan Jagat Raya
neptunus hampir sama dengan uranus, yaitu terdiri atas gas. ukurannya cukup besar. besar neptunus 60 kali besar bumi. rotasi: 16 jam | revolusi: 165 tahun. neptunus memiliki paling sedikit tiga lapis cincin

PLANET KERDIL / KATAI

dwarf planet hampir sama dengan planet umumnya, bedanya adalah planet kecil bukan benda yang dominan pada orbitnya serta bukan merupakan satelit (tidak mengorbit pada planet). planet kerdil antara lain: pluto, ceres, 2003 EL61, UB313, Charon, dan Xena.
KOMET

Tata Surya dan Jagat Raya
komet juga disebut bintang berekor. adanya gesekan gesekan atom di udara menyebabkan komet terlihat bercahaya. inti komet disebut nukleus dengan diameternya mencapai 10 km, ekor merupakan bagian dari komet yang berasal daari comma dan menyelimuti inti komet. diameter comma mencapai 100.000 km.

komet yang terkenal adalah komet Halley, ditemuka oleh Edmond Halley. periode kemunculannya setiap 76-79 tahun sekali. komet ini terakhir kali terlihat tahun 1986 dan diperkirakan akan tampak kembali pada tahun 2062. komet lainnya adalah: komet Hyakutake dan Hale-Bopp

METEOR

Tata Surya dan Jagat Raya
meteor atau bintang jatuh merupakan bagian asteroid yang terpisah. meteor yang jatuh ke bumi akan tampak seperti bola api karena bergesekan dengan atmosfer. tidak semua meteor sampai ke bumi, karena ada yang sudah habis terbakar saat bergesekan dengan atmosfer. meteor yang sudah sampai ke bumi disebut meteorit. meteor besar yang jatuh bumi akan membentuk sebuah kawah seperti kawah Barringer di Arizona.

ASTEROID

Tata Surya dan Jagat Raya
di tata surya terdapat beribu ribu asteroid yang juga mengelilingi matahari. asteroid merupakan planet berbatu yang kecil dengan jumlah yang sangat banyak. asteroid yang melewati orbit bumi disebut asteroid apollo. sebagian besar asteroid dijumpai di sabuk asteroid (antara planet Mars dan Yupiter)

Demikianlah Materi Tata Surya dan Jagat Raya (Matahari, Planet, Komet, Meteor dan Asteroid), semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *